Perkembangan jam atom sepanjang abad kedua puluh telah menjadi dasar bagi banyak teknologi yang kita gunakan sehari-hari. Tanpa jam atom, banyak inovasi abad kedua puluh tidak akan ada.

Komunikasi satelit, penentuan posisi global, jaringan komputer, dan bahkan Internet tidak akan dapat berfungsi seperti biasanya jika bukan karena jam atom dan ketepatan waktu jam masjid digital yang sangat tinggi.

Jam atom adalah kronometer yang sangat akurat yang tidak kehilangan satu detik pun dalam jutaan tahun. Sebagai perbandingan, jam digital mungkin kehilangan satu detik setiap minggu dan jam mekanis yang paling akurat dan rumit kehilangan lebih banyak waktu.

Alasan ketepatan luar biasa jam atom adalah bahwa ia didasarkan pada osilasi atom tunggal. Osilasi hanyalah getaran pada tingkat energi tertentu dalam kasus kebanyakan jam atom mereka didasarkan pada resonansi atom cesium yang berosilasi tepat 9.192.631.770 kali setiap detik.

Banyak teknologi sekarang mengandalkan jam atom untuk akurasi yang tak terkendali. Sistem penentuan posisi global adalah contoh utama. Semua satelit GPS memiliki jam atom dan informasi harga running text led waktu inilah yang digunakan untuk menentukan posisi. Karena satelit GPS berkomunikasi menggunakan gelombang radio dan bergerak dengan kecepatan cahaya (180.000 mil per detik dalam ruang hampa), ketidakakuratan kecil dalam waktu dapat membuat penentuan posisi tidak akurat hingga ratusan mil.

Aplikasi lain yang membutuhkan penggunaan jam atom adalah di jaringan komputer. Ketika komputer berbicara satu sama lain di seluruh dunia, sangat penting bahwa mereka semua menggunakan sumber waktu yang sama. Jika tidak, transaksi sensitif waktu seperti belanja internet, reservasi online, bursa saham, dan bahkan mengirim email akan hampir mustahil. Email akan tiba sebelum dikirim dan barang yang sama di situs belanja Internet dapat dijual ke lebih dari satu orang.

Untuk alasan ini skala waktu global yang disebut UTC (Coordinated Universal Time) berdasarkan waktu yang ditentukan oleh jam atom telah dikembangkan. UTC dikirimkan ke jaringan komputer melalui server waktu. Sebagian besar server waktu menggunakan NTP (protokol waktu jaringan) untuk mendistribusikan dan menyinkronkan jaringan.

Server waktu NTP dapat menerima waktu UTC dari sejumlah sumber paling umum jam atom onboard dari sistem GPS dapat digunakan sebagai sumber UTC oleh server waktu yang terhubung ke antena GPS.

Metode lain yang cukup umum digunakan oleh server waktu NTP adalah dengan memanfaatkan transmisi radio gelombang panjang yang disiarkan oleh laboratorium fisika nasional beberapa negara. Meskipun tidak tersedia di mana-mana dan cukup rentan terhadap topografi lokal, siaran menyediakan metode yang aman untuk menerima sumber waktu.

Jika tidak satu pun dari metode ini tersedia maka sumber waktu UTC dapat diterima dari Internet meskipun akurasi dan keamanan tidak dijamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *